Digipro Indonesia

Real Estate Community
Membuat Desain Ruang Hangat Saat Suhu Bandung Lebih Dingin

Memiliki hunian di daerah pegunungan adalah impian bagi sebagian orang, terutama bagi anda yang tinggal di sekitar Jakarta. Penatnya kemacetan dan polusi, seolah terobati jika memiliki hunian di daerah yang dingin, contohnya Cisarua, Lembang dan Kawasan Bandung Utara lainnya bahkan tercetat dihulu sungai citarum yaitu di kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung mencapai suhu terendah 2,9 derajat celcius sehingga embun pun membeku. 

Namun, sejak bulan juni kemaren, hingga hari ini, suhu bandung mengalami penurunan yang signifikan hingga 17 derajat celcius, dan kawasan yang berada di dataran tinggi seperti Cisarua, Bandung Barat berada di titik 13 derajat celcius. Fakta Fenomena Dinginnya Suhu di Cisarua Bandung ini diakibatkan adanya angin Monsun Australia yang bersifat dingin dan kering sedang berhembus ke Benua Asia. Hal ini biasa terjadi, sebagai penanda berlangsungnya musim kemarau.

Memiliki hunian dengan suasana hangat dan nyaman pasti sangat dibutuhkan disaat cuaca dingin melanda, terutama jika tinggal di Nouka Village, Cisarua, Bandung Barat. Beikut ini kami akan memberikan tips yang kami rangkum dari beberapa sumber agar ruangan menjadi lebih hangat dan tentu saja nyaman untuk ditinggali.

Tirai Jendela yang lebih tebal

Tirai Kamar. Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Pada pagi hari hingga sore hari kita sudah mempunyai penghangat alami, yaitu Matahari. Saat pagi saat matahari sedang bersinar dengan hangat sebaiknya kita membuka Jendela dan Pintu agar sinarnya masuk kedalam ruangan. 

Pada senja tutup semua pintu dan jendela, keberadaan Tirai dan semakin tebalnya tirai jendela memberikan perbedaan mencolok antara di dalam rumah dan di luar rumah sehingga di dalam rumah terasa lebih hangat.

Gunakan Karpet Yang Lebih Tebal

Karpet agar lebih hangat. Gambar oleh Vedran Brnjetic dari Pixabay

Mengatur desain ruang dengan menggunakan karpet adalah solusi agar ruangan terasa lebih hangat. Penggunaan Area Karpet atau Karpet Area bisa mengurangi penggunaan pemanas ruangan, sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih murah.

Menggunakan Material Kayu Untuk Lantai

Lantai Kayu. Gambar oleh Arek Socha dari Pixabay

Penggunaan material kayu untuk lantai, terutama pada hunian dengan nuansa jepang seperti Nouka Village akan menambah nilai estetika dan suasana akan terlihat lebih alami dan terasa lebih hangat dan membuat anda lebih betah di rumah.

Sifat alami kayu yaitu menyerap panas pada siang hari, dan mengeluarkan panas pada malam hari, jadi dengan material kayu pada lantai akan membuat ruangan rumah menjadi lebih terasa hangat. 

Penggunaan material kayu merupakan investasi jangka panjang, karena biasanya akan menaikkan harga jual rumah pemiliknya. Namun dari segi keuntungan di atas terdapat kekurangan yang harus dipertimbangkan, yaitu perawatan yang lebih mahal, tidak tahan terhadap kelembabab yang tinggi, dan sulit dibersihkan jika terkena noda.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan agar desain ruangan terasa lebih hangat disaat suhu Bandung lebih dingin dari biasanya. (WJ).