Digipro Indonesia

Real Estate Community
Elemen Penting Pada Rumah Tradisional Bernuansa Jepang

Kunci utama memiliki rumah dengan nuansa Jepang, yaitu adanya keselarasan anda bangunan rumah dengan alam. Jika sebelumnya kita membahas mengenai  Desain Rumah Minimalis ala Rumah Jepang Yang Bikin Betah. Jika kita menyimak banyak sekali metarial berbahan kayu pada rumah Bernuansa Jepang. Terdapat elemen penting yang membuat khas pada rumah tradisional Jepang yang bisa anda terapkan di rumah idaman anda.

Genkan, Ruangan Transisi

Di Jepang, saat anda berkunjung ke rumah orang Jepang, anda akan menemukan seperti ruangan transisi setelah anda masuk melalui pintu utama, biasanya ketinggiannya berbeda, lebih rendah dibanding ruangan sesudahnya. Elemen Genkan biasa digunakan untuk menyimpan sepatu, dan mengganti dengan sandal yang anda gunakan di dalam rumah.

Mushiko Mado, Pintu Geser

Gambar: unsplash.com

Elemen Penting pada rumah Jepang, yaitu keberadaan pintu geser dengan ruas-ruas kecil, ada juga Shoji yaitu pintu geser dengan ruas yang lebih besar. Biasanya pintu geser dilapisi kertas untuk memberi penerangan alami.

Tatami, Lantai Anyaman

Gambar oleh Pixabay

Salah satu elemen khas pada rumah Jepang, yaitu keberadaan tatami, lantai anyaman yang terbuat dari anyaman jerami. Penggunaan tatami pada lantai rumah akan memberikan suasana hangat jika musim dingin berlangsung dan memberikan suasana sejuk jika musim panas sedang berlangsung. Baca kembali mengenai Cara Membuat Desain Ruang Hangat Saat Suhu Bandung Lebih Dingin

Tokonama, Ruang Pajangan

Pada ruangan-ruangan dalam rumah jepang, anda akan menemukan ruangan yang lebih tinggi yang biasa digunakan untuk meletakkan pajangan, hiasan artistik. Tempat ini dikenal dengan sebutan Tokonama di Jepang

Byobu, Partisi

Furniture pada desain interior Jepang seringkali memiliki multi-fungsi, contohnya Byobu, sebuah partisi lipat yang bisa digunakan untuk memisahkan ruangan. Partisi ini juga berfungsi sebagai hiasan ruangan karena sering memiliki tampilan memukau dari lukisan pada partisi.

Engawa, Koridor

Engawa, biasanya berada di luar rumah, sebelum anda memasuki rumah. Saat kita menonton film-film Jepang kita sering koridor ini. Koridor ini membuat rumah Jepang menjadi nyaman dan teduh.
Taman
Taman pada rumah Jepang mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri. Pada taman biasanya mengandung unsur-unsur utama seperti air, tanaman terutama bambu, dan batu.
Itulah beberapa elemen penting yang bisa anda terapkan, jika anda memutuskan membeli rumah di Nouka Village, sebuah rumah bernuansa Jepang di Cisarua, Lembang, Bandung. (WJ)