– Kawan Puan, pernahkah kamu mendengar anggapan bahwa minum air putih bisa membantu melembapkan kulit? Anggapan tersebut bahkan kerap dijadikan ajakan ajakan para publik figur untuk rutin minum air putih demi bantu menghidrasi kulit. Sebenarnya memang betul jika air putih memiliki banyak manfaat.

Manfaat air putih tersebut seperti membantu fungsi otak, mempertahankan tingkat energi, mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, dan menjaga tubuh kamu agar tetap sehat. Namun benarkah rutin minum air putih bisa bantu melembapkan kulit? Menurut Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di New York City, meminum air akan cenderung lebih menghidrasi tubuh daripada kulit.

Pasalnya proses hidrasi sangat penting bagi tubuh kita untuk menjalankan berbagai fungsi organ organ tubuh sebagai hidrasi oral, dan hidrasi oral tidak memiliki hubungan langsung dengan hidrasi kulit. "Saat air memasuki aliran darah kemudian disaring oleh ginjal. Tidak ada data yang menunjukkan bahwa minum lebih banyak atau lebih sedikit air mengarah pada kualitas kulit," ungkapnya pada Real Simple . Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa minum air putih dan melembapkan kulit adalah sebuah mitos.

"Ini adalah mitos bahwa kita harus minum banyak air untuk menjaga kulit terhidrasi," tambah Zeichner. Meski begitu, memang benar bahwa kulit akan menjadi 'haus' sama seperti bagian tubuh kita yang lain, pasalnya kulit terbuat dari sel sel yang berasal dari air. Sel sel tubuh kehilangan air sepanjang hari melalui hal hal seperti aktivitas fisik, polusi lingkungan, dan lain sebagainya.

Jika kulit tidak lembap maka yang terjadi adalah kulit menjadi kering dan bersisik. Hal ini akan membuat kulit rusak dan rentan terhadap berbagai masalah kulit seperti munculnya garis halus, dan tanda tanda penuaan. Dermatologis lain bernama Charlotte Palermino menjelaskan, "Jika kamu memiliki kulit kering, tidak ada jumlah air yang akan menghidrasi kulit. Sebab kamu akan lebih membutuhkan krim untuk itu."

Menurutnya menggunakan pelembap lebih disarankan daripada banyak minum air putih. "Daripada minum air, menggunakan pelembab adalah cara yang jauh lebih efektif untuk mengatasi kulit kering," tambah Dr. Zeichner. Singkatnya, kulit kering adalah hasil dari faktor genetik dan lingkungan yang tidak dapat diperbaiki semata mata oleh banyak minum air.

Selain itu, menyempurnakan hidrasi kulit tergantung pada banyak faktor yang bekerja sama, baik krim pelembab, air maupun gaya hidup yang sehat. Katie Rodan, MD, seorang dokter kulit di San Francisco sekaligus penulis Write Your Skin a Prescription for Change, mengatakan "Manusia tidak seperti tanaman. Atau lebih tepatnya, kulit kita tidak gembira ketika kita mengkonsumsi air". "Disarankan ruti menggunakan lotion akan lebih banyak manfaatnya untuk kulit daripada minum satu galon air,'' tambah Dr.Katle.

Kawan Puan jadi bisa disimpulkan ya bahwa rutin minum air putih itu tidak bisa secara langsung melembapkan atau menghidrasi kulit. Kamu tetap perlu menggunakan pelembap untuk bisa membuat kulitmu terhidrasi dengan sempurna. (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *