Digipro Indonesia

Real Estate Community
Tips Penting Beli Rumah Syariah untuk Investasi

Bagi sebagian orang memiliki rumah merupakan impian yang harus dikejar dan membutuhkan usaha lebih besar dan waktu yang lebih lama. Namun bagi yang beruntung memiliki uang lebih dan sudah memiliki rumah, membeli rumah untuk investasi bukanlah hal yang sulit. Banyak yang sudah sukses dengan terjun ke dunia properti dan memulainya sebagai agen pemasaran sampai akhirnya menjadi investor properti. Tak heran berburu properti terutama rumah tidak hanya untuk ditinggali namun dijadikan sebagai aset investasi masihlah ramai untuk diperbincangkan dan dipraktikkam. Namun sebagai investor yang baru akan terjun, mengalokasikan dana hingga ratusan juta ke satu keranjang bukanlah perkara mudah seperti membalikkan telapak tangan.

Rumah adalah satu aset yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun dan selalu menjadi salah satu tempat untuk mengalokasikan uang yang menguntungkan. Dengan berinvestasi di properti dengan cara membeli rumah, Anda bisa memperoleh potensi keuntungan baik dari capital gain, kenaikan harga rumah setiap tahunnya atau jika anda merenovasi rumah second. Kedua, jika anda menyewakan rumah atau hunian yang anda milliki sebagai villa, anda akan memperoleh keuntungan dari sewa harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. 

Agar langkah yang anda lakukan ini lebih terarah, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut agar Investasi yang anda lakukan dalam membeli rumah lebih menguntungkan apalagi jika pilihan cara memiliki rumah menjadi lebih bervariasi seperti lebih baik mana kpr bank konvensional, kpr bank syariah atau kpr syariah developer. Baca kembali Perbandingan KPR Syariah dan Konvensional. Pilih Mana?

Beli Rumah Untuk Investasi. Gambar oleh Nattanan Kanchanaprat dari Pixabay

Periksa Kembali dan Mempertimbangkan Keadaan Keuangan Anda Saat Ini

Tujuan membeli rumah untuk investasi adalah agar memperoleh hasil baik keuntungan dari capital gain atau penghasilan tambahan dari menyewakan rumah. Namun jika anda melakukan investasi dengan membeli rumah ternyata malah mengganggu pos utama keuangan anda, ada baiknya mempertimbangkan kembali. Apakah anda perlu menabung lebih lama agar keuangan anda lebih sehat atau mempertimbangkan penggunaan KPR Syariah baik melalui Bank Syariah atau Developer.

Pilih Lokasi Rumah Yang Akan Dibeli Untuk Investasi

Memilih lokasi strategis adalah faktor penting dalam membeli rumah untuk investasi, sebagai contoh membeli rumah di kawasan Lembang Bandung Utara memiliki kenaikan harga dan peminat yang berbeda jika anda membelinya di daerah Cibiru, Bandung Timur. Anda juga perlu melihat fasilitas yang ada di kawasan Properti yang anda beli, seperti seberapa jauh rumah yang anda beli dari jalan utama, Apakah dilalui oleh kendaraan umum, Fasilitas Sekolah, Fasilitas Keamanan seperti adanya kantor Polisi, Fasilitas Kesehatan seperti keberadaan Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Kesehatan. Semua hal ini berbengaruh terhadap nilai properti yang anda beli.

Jika anda mencari rumah untuk disewakan sebagai Vila, pastikan lokasinya berada dekat dengan kawasan wisata. Jika anda berinvestasi di Nouka Village anda akan mendapatkan lokasi strategis, fasilitas melimpah dan juga dekat dengan kawasan wisata.

Pilih Jenis Properti Yang Akan Dibeli

Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Jika anda membeli properti di developer syariah biasanya saat pre launch, properti yang ditawarkan masih berupa tanah, namun jika anda jeli membeli rumah saat pre launch anda akan mendapat rumah dengan harga yang sangat murah di kawasan yang strategis. Membeli rumah jadi, tentu harga yang anda dapat tidak semurah lagi saat harga masih prelaunch, namun saat anda membeli rumah pastikan spesifikasi bangunan sesuai dengan yang ditawarkan di iklan mereka.

Nah, apakah anda sudah siap berburu Rumah untuk Investasi? Pastikan anda tidak melewatkan properti di kawasan Nouka Village Cisarua, Lembang, Bandung Utara. (WJ)