Digipro Indonesia

Real Estate Community
Perumahan Syariah Cimahi

Apa sebenarnya property syariah?

Property syariah atau rumah tempat tinggal sesuai dengan konsep syariah islam skema kepemilikan rumah menggunakan akad-akad yang sesuai dengan syariah. Dalam properti syariah, konsumen bisa langsung membeli rumah pada pihak developer, tanpa ada pihak ketiga seperti skema konvensional yang terdapat pihak ketiga. Sehingga transaksi yang terlibat adalah murni transaksi bisnis jual beli, secara kredit ataupun cash.

perumahan syariah di cimahi 2019

Nouka Village

Instrumen dalam developer properti syariah dikenal dengan sebutan isthisna yaitu skema pesan bangun. Skema bisnis ini diperbolehkan dalam syariat islam.

Dalam pengertian properti syariah, saat konsumen hendak membeli sebuah rumah, maka rumah akan bersifat indent. Ini akan jadi fasilitas tersendiri bagi konsumen dalam melakukan customize desain rumah yang akan dipesan, begitu juga dengan harga yang relative lebih murah.

Tapi tidak semua developer properti syariah menerapkan isthisna. Ada juga yang menyediakan properti ready stock. Konsumen juga bisa memilih apakah hendak membeli dengan cara kredit ataupun cash. Saat melakukan akad, sepakati satu harga yang dipilih dan nilainya tidak akan berubah-ubah. Tidak seperti menggunakan KPR Bank konvensional dimana ada istilah Floting rate.

Kelebihan perumahan syariah dibanding dengan perumahan konvensional

Sebelum menjelaskan kelebihan dari property syariah, perllu kiranya terlebih dahulu kita mengetahui apa pengertian dari property syariah itu sendiri.

Banyak orang beranggapan bahwa perumahan syariah yang lagi booming ini hanya diperuntukan oleh umat islam saja ternyata itu tidak benar. Siapa saja boleh membeli dan memiliki property syariah. semua warga Negara boleh memiliki property syariah, baik muslim maupun non muslim yang ingin memiliki rumah yang bebas dari riba seperti yang dijelaskan diatas.

Skema yang diterapkan di properti syariah pertama adalah pihak developer sudah menerapkan skema tanpa denda serta tanpa sita. Ini artinya apabila karena suatu alasan konsumen tidak dapat membayar cicilan di bulan berjalan, maka konsumen harus memberitahu developer agar developer bisa memberikan kebijakan tertentu yang terbaik untuk kedua belah pihak. Dengan begini maka tidak akan ada pinalti atau denda dalam bentuk apapun.

Sementara skema tanpa sita adalah konsumen yang tengah berada di tengah perjalanan tahun cicilan berjalan tidak bisa melanjutkan cicilan pelunasan untuk membeli rumah, pihak developer tidak akan serta merta menyita rumah. Hal ini termasuk dalam akad bathil.

Namun bila property konvensional yang menggunakan pihak ketiga seperty Bank Konvensional dalam transaksi awal ada berbagai biaya yang dikeluarkan oleh pihak konsumen diluar DP yang besarnya cukup lumayan. Selain itu konsumen akan ada bunga selama masih ada cicilan yang di tetapkan oleh pihak bank dan selalu berubah bila bunga fix nya sudah habis.

Begitupun bila konsumen terlambat dalam pembayaran akan ada denda sesuai dengan kebijakan yang diambil oleh pihak bank . Begitupun bila konsumen gagal bayar maka pihak dapat menyita rumah kita dan dimasukan ke lelang pihak bank.( ini yang perlu konsumen perhatikan ) agar mengetahui sehingga bisa membedakan diatara keduanya untuk mengambil keputusan.

Bandung sebagai tujuan wisata utama warga ibu kota. Wilayah bandung termasuk di antaranya wilayah atas cimahi merupakan tempat favorit untuk warga ibu kota. Terutama hari hari libur karena banyaknya objek wisata di area tersebut juga udara nya yang masih segar dipadu dengan keramah tamahan orang bandung. Tidak lupa kuliner yang bermacam semua ada di bandung.