Digipro Indonesia

Real Estate Community
Fakta Fenomena dan Menangani Dinginnya Suhu di Cisarua Bandung

Hari ini, tampaknya suhu bandung menjadi trending topik di masyarakat dan banyak media mainstream ikut memberitakan karena Bandung adalah wilayah yang sedang dilanda cuaca udara lebih dingin dari biasanya. Memang hari ini rabu (17/07) bertepatan saat gerhana bulan suhu di Bandung terasa lebih dingin dibanding biasanya. Menurut BMKG dan nampak pencarian google yang ditampilkan oleh weather.com suhu di Bandung mencapai titik terendah 17 derajat celcius, sementara di wilayah Cisarua dan Lembang yang merupakan daerah tertinggi di kawasan Bandung Utara nampaknya terasa lebih dingin yaitu berada titik 13 derajat celcius. 

Penyebab utama suhu ekstrim ini adalah adanya angin yang sedang bertiup dari Benua Australia menuju arah Benua Asia yang dikenal dengan nama angin pesat tenggara atau monsun Australia, angin ini bersifat dingin dan kering. Sehingga selama musim kemarau hingga bulan Agustus di wilayah Cisarua akan terasa lebih dingin berkisar antara 13-16 derajat celsius.

Jaga Kesehatan Saat Suhu Bandung Menjadi Dingin

Selimut agar lebih hangat sangat dingin. Gambar oleh Katrina_S dari Pixabay

Walaupun hal ini menurut BMKG adalah hal yang normal terjadi, tapi anda wajib mewaspadai kemungkinan penyakit yang akan timbul, seperti Asma, Pilek, dan Alergi dingin pada kulit seperti gatal-gatal lantaran udara dingin. Dampak lain adalah kaki akan mengalami pecah-pecah dan bibir maupun kulit terasa kering. Karena itu anda dan keluarga terutama anak-anak dan balita yang memiliki riwayat mudah kambuh karena udara dingin dihimbau menjaga kebugaran tubuhnya agar selau fit, selalu menggunakan pakaian yang lebih tebal dari biasanya dan selalu menjaga tubuh tidak mengalami dehidrasi dengan meminum cairan terutama air hangat karena pada suhu yang dingin, kita sering tidak merasa haus namun sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. 

Pilihan makanan yang tepat adalah makanan yang lebih lama dicerna, pasalnya makanan jenis ini lebih bisa menjaga suhu tubuh lebih hangat. 

Membuat Ruangan Menjadi Lebih Hangat Saat Suhu Cisarua Bandung Menjadi Dingin

Membuat Ruangan Lebih Hangat Saat Dingin

Membuat Ruangan Lebih Hangat Saat Dingin. Gambar oleh Amarjit Singh dari Pixabay

Jika saat ini anda memutuskan untuk membeli rumah di kawasan Cisarua, maupun Lembang patut dipertimbangkan juga memilih desain interior dengan suasana yang memberi kehangatan seperti penggunaan selimut tebal di kamar anda, karpet berbulu pada lantai akan menyerap panas hingga 10% lebih lama dan penutup jendela yang lebih tebal, sehingga bisa menangkal rasa dingin di ruangan anda. 

Saat pagi hari biarkan sinar matahari masuk dengan membuka jendela atau menambah area terbuka agar sinar matahari masuk menjadi lebih banyak Jika bangunan anda menghadap Selatan anda akan memperoleh sinar matahari pagi lebih banyak. Pada malam hari tutup ruangan yang tidak digunakan. Dengan menutup pintu membuat ruangan menjadi tetap hangat. 

Menghias dinding dengan Figura foto, dan Lukisan juga akan membantu menjaga ruangan lebih hangat. (WJ)