Rumah Konsep Ecoliving

0
124
Ecoliving

Hunian Konsep Ecoliving sekarang sudah menjadi trend, selain memang isu pemanasan global sedang gencar gencarnya juga sudah mulai tumbuh kepedulian kita terhadap isu isu lingkungan hidup.

Hunian yang baik dan tentunya sehat juga bukan semata mata dibuat dari sisi fisik bangunannya juga tapi juga harus menopang konsep ecoliving yaitu ramah lingkungan, penggunaan energi yang efesien serta keserasian dengan lingkungan sekitar.

Konsep Ecoliving biasanya terlihat dari konsep bangunannya dimana sirkulasi udara yang baik membuat bagian dalam rumah menjadi sejuk, adanya biopori dan sumur resapan yang berfungsi sebagai water conservation. Selain itu juga kawasan terbuka banyak dipenuhi vegetasi vegetasi yang dipilih yang memang memiliki fungsi seperti optimal dalam penyerapan limpahan air, memiliki kemampuan menyerap CO2 dengan optimal, atau memiliki dedaunan yang banyak sehingga memberikan rasa rindang dan nyaman.

Selain itu pun tidak kalah penting adalah penggunaan bahan ramah lingkungan tidak mencemari, mendukung penyerapan air hujan yang baik juga pengelolaan limbah domestik yang baik.

Di negara tertentu pengelolaan limbah domestik ditujukan untuk RECYCLE – REDUCE- REUSE yang manfaatnya tentu kembali kepada penghuni rumah tersebut.

Konsep Ecoliving selaras dengan tujuan bahwa negeri ini diwariskan kepada anak cucu adalah negeri yang asri, indah, dan akhirnya apa yang kita mulai nanti anak cuculah yang menikmati.