Mengenal Strategi 4Ps di Properti

0
155

Strategi 4Ps mungkin strategi yang sederhana, selain juga ada beberapa pengembangan dr 4Ps seperti 7Ps, tapi untuk strategi ini pun kadang sebagian dari kita pun mengacuhkannya, euforia dan hasrat mengebu ngebu menjadi developer keniscayaan bisa menjadi boomerang bagi developer pemula, walau saya temukan juga di developer developer yang sdh mapan. Bisa jadi karena melihat skema akuisisi lahan yang menarik atau melihat harga lahan yang aduhai menariknya. Tanpa BA-BI-BU langsung ambil, analisis kelayakan ntar aja dipikirkan.

Kita mulai dari Strategi yang mudah dipahami 4 Ps meliputi :

  • Product
  • Place
  • Price
  • Promotion

PRODUCT, product berupa unit haruslah memiliki keunggulan dibanding kompetitor, diterima oleh market dan juga punya ciri khas baik itu secara per unit rumah atau secara kawasan.

PLACE, pemilihan tempat sangat penting, tentukan demand dimana tempat/kawasan itu adalah tempat dengan permintaan yang baik, untuk apa anda membangun di kawasan LOW DEMAND walaupun harga yang anda dapatkan termasuk ideal dalam membangun? Tempat dengan HIGH demand tentu membantu anda mempercepat closing projek.

PRICE , strategi pricing adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam menjual sebuah properti, jika anda mengenal diagram Market Perception tentunya Product Bagus dengan Harga yang Lebih Rendah tentu sangat diminati dan mempercepat penjualan. Tapi Menjual tidak melulu harga, jika kita punya Konsep Perumahan yang Unit, Price doesnt matter selama yang anda jual memiliki pembeda dengan kompetitor.

PROMOTION , nah ini lagi aspek aspek yang kadang luput, punya produk bagus, tempat bagus, harga bagus, tapi lupa promosi, kan sayang banget. Promosi itu mempercepat penjualan, selain mendapatkan sales kita pun melakukan Branding dan kita sudah tau mengapa brand terkenal tetap melakukan promosi? karena mereka ingin mendelivery ke market bahwa mereka eksis dan setiap kali launching produk baru , market tidak perlu bertanya ini dan itu, langsung booking karena produknya sdh dikenal TOP Banget.

So…. Strategi ini salah satu dasar strategi marketing yang mudah dipahami, selain itu anda perlu meng”ENRICH” dengan strategi strategi lainnya yang tentu lebih dalam dan kompleks.

Semoga Bermanfaat