Biaya Biaya yang Biasa dibebankan Kepada Konsumen Properti

0
142

Halo, pembaca setia DIGIPROID, pastinya kalau kita ingin membeli rumah tidak terlepas dari biaya biaya di luar komponen harga rumah tersebut. Teliti saat membeli adalah keniscayaan supaya kita terhindar dari pengeluaran yang bukan semestinya yang kita hindari.

Baiklah kita akan bahas satu per satu apa saja biaya biaya yang akan ditanggung konsumen.

1.PPN , pada umumnya developer sudah mencantumkan biaya PPN termasuk ke dalam harga rumah tapi kita mestilah teliti terkadang untuk mensiasati harga murah developer mencantumkan harga belum termasuk PPN. PPN yang dibayar ini 10% dari HPP rumah yang dibeli.
2.BPHTB ( Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan), ini biasanya dibebankan kepada konsumen yang nilai 5 % dari harga jual rumah atau harga yang telah ditetapkan Dispenda.
3.Biaya AJB, IMB, BBN biasanya sudah termasuk ke dalam harga rumah tapi tidak salah kita tetap harus bertanya, walaupun jumlahnya tidak begitu besar dibanding BPHTB dan PPN namun jika itu sudah ditanggung developer dananya bisa kita alokasikan untuk penambahan perabot atau renovasi kecil.
4.Biaya KPR spt provisi, biaya appraisal ( rumah sekunder) , dan biaya administrasi, asuransi. Komponen biaya ini biasanya jika anda akan mengajukan KPR melalui bank. Terkadang ada developer yang memberikan bebas biaya KPR, maka tidak salah anda menanyakan juga perihal ini kepada developer.
5.Biaya peningkatan status tanah, misalkan rumah anda masih status HGB dan ingin dinaikkan menjadi SHM tentunya nanti ada biaya yg harus ditambahkan.
6.Biaya-biaya yang berkaitan dengan Estate Manajemen seperti iuran air, service charge, keamanan dan lain lain.

Semoga bermanfaat artikel ini. Semoga anda dalam merencanakan pembelian rumah tidak terlepas dari ketelitian anda dalam membaca promo atau price list rumah yang ditawarkan developer.